D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur
Deskripsi
Program studi Teknologi Rekayasa Manufaktur merupakan jenjang pendidikan Sarjana Terapan yang memberikan keilmuan bidang teknik mesin sekaligus teknik manufaktur. Lulusannya diharapkan mempunyai kompetensi untuk membantu industri dalam mencapai kerja efisien melalui penerapan teknologi manufaktur (ahli teknik manufaktur). Selain itu lulusan juga diharapkan bisa menjadi technopreunership bidang manufaktur yang proses pendidikannya tersirat dalam kurikulum yang diterapkan. Keunggulan spesifik Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur yaitu pada sektor advanced purpose machine (mesin perkakas berkendali).
Pada tahun 2017-2020 melalui Proyek Revitalisasi dana APBN program studi membuat dan mengembangkan laboratorium lini produksi mesin yang diharapkan menjadi small Teaching Factory dan menjadi bagian terpenting dari POLMAN Bandung dalam membangun suatu sistem Pendidikan yang berbasis pada kebutuhan industri. Pada tahun 2021 melalui pendanaan matching fund dan berkolaborasi dengan indistri terkait berhasil mengembangkan produk unggulan mesin cnc untuk kebutuhan mesin latih dan insdutri. Pada tahun 2022 juga melalui pendanaan yang sama matching fund 2022 berhasil menghilirisasi purwarupa mesin yang dibuat tahun sebelumnya untuk kebutuhan industri. Kegiatan pengembangan produk yang dijalankan dijadikan pula media pengajaran yang berkesinambungan dan diselaraskan dengan kurikulum. Dengan adanya teaching factory di dalam kampus, diharapkan akan tumbuh lingkugan keindustrian yang pada akhirnya akan melahirkan satu model pendidikan terpadu bidang manufaktur yang bernuansa industri.
Visi – Misi
Visi :
- Visi Program Studi D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur adalah menjadi program studi yang menghasilkan lulusan dengan kualitas unggul, bermartabat, dan inovatif dalam pengembangan dan penerapan iptek dalam bidang manufaktur yang berorientasi pada pasar kerja nasional dan internasional.
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan yang mengantisipasi perkembangan iptek yang pesat dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dunia industri.
- Mengembangkan dan menerapkan iptek untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat dunia industri.
- Menumbuhkan kemampuan profesionalisme, potensi kewirausahaan, maupun kemandirian di bidang kerekayasaan dalam lingkup nasional dan regional Asia serta memiliki moral dan integritas kepribadian yang tinggi
Tujuan prodi
Tujuan Program Studi D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur adalah:
- Memberikan pelayanan pendidikan akademik, khususnya dalam bidang manufaktur, kepada masyarakat untuk jenjang pendidikan diploma-IV.
- Berkembangnya budaya dalam masyarakat terhadap menerapkan teknologi manufaktur modern secara bermoral, profesional, bermoral, cerdas, dan mandiri.
- Terwujudnya bangsa yang mandiri melalui lulusan (Sarjana Sain Terapan) yang berkualitas, dalam penguasaan iptek dan integritas kepribadian, sehingga memiliki sikap profesionalisme sesuai dengan kompetensinya serta kemampuan berwirausaha.
Sasaran Prodi
Beberapa substansi sasaran mutu pada tingkat Renstra adalah:
No | Sasaran | Capaian | Strategi pencapaian | ||
---|---|---|---|---|---|
2016 | 2019 | 2022 | |||
1 | Menghasilkan lulusan dengan memiliki daya saing dan kompetitif melalui proses belajar yang terkendali. Dengan Indikator keberhasilan melalui rerata IPK lulusan | 2,9 | 3,1 | 3,3 | Meningkatan sarana dan mutu praktik/ praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan kompetensi Program Studi |
Pengendalian proses belajar mengajar melalui kesesuaian antara rencana proses belajar mengajar dengan realisasi. Indikator : Lembar absensi teori dan buku laporan mingguan mahasiswa. | |||||
2 | Jumlah dosen yang melakukan penelitian | 2 | 4 | 6 | Memotivasi dosen untuk melakukan penelitiaan dibidang keilmuannya, dan mempublikasikan hasil penelitiannya. |
3 | Meningkatkan pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa | 3 | 6 | 8 | Melakukan pelayanan konsultasi dan pelatihan bagi masyarakat sesuai dengan kompetensi masing-masing dosen. |
4 | Pendidikan lanjut untuk dosen ke jenjang yang lebih tinggi | 2 | 2 | 2 | Pendidikan lanjut bagi para dosen. |
Kegiatan MBKM
- Pertukaran pelajar
Salah satu tujuan program ini yakni membangun persahabatan mahasiswa antar negara/daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan seperti: Pertukaran pelajar antar prodi pada kampus yang berbeda serta pertukaran pelajar antar prodi pada kampus yang sama.
- Magang atau praktik kerja
Program ini dapat dilaksanakan selama 1 semester dan akan memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa untuk memahami suasana serta kondisi real di industri (experiential learning). Magang yang berjalan selama satu semester mendapatkan pengakuan sebanyak 20 SKS. Prodi TRM melaksanakan program magang atau kerja praktik di semester 6 selama 1 semester pada industri-industri mitra program studi.
- Penelitian atau riset
Bagi mahasiswa yang berminat membantu atau menjadi asisten peneliti dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di lembaga riset/pusat studi atau membantu riset dari dosen pada institusi pendidikannya. Penelitian adalah kegiatan wajib bagi dosen untuk pemenuhan tridarma pendidikan. Melalui kegiatan penelitian dosen mahasiswa akan dilibatkan untuk membantu penelitian dosen sehingga bagi dosen akan membantu dalam melaksanakan penelitian serta bagi mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar tentang bagaimana alur penelitian yang dilakukan berdasarkan pada pengembangan produk. Penelitian akan difokuskan pada tema-tema yang sejalan dengan peta jalan penelitian Polman. Tema-tema yang dipilih bisa berdasarkan pada pengembangan material, proses maupun pengujian prestasi mesin. Bagi Polman hal ini akan berdampak pada pemenuhan fokus penelitian yang sudah dicanangkan oleh RENIP POLMAN yaitu tentang inovasi di bidang manufaktur dan rekayasa keteknikan. Melalui kegiatan penelitian diharapkan dapat memberi solusi untuk permasalahan yang ada
- Proyek kemanusiaan
Proyek kemanusiaan sifatnya tidak wajib atau keterlibatan mahasiswa selama ini umumnya bersifat sukarela dan hanya berjangka pendek. Namun pada program ini dirancang bersama organisasi resmi untuk dapat diberikan penilaian SKS oleh perguruan tinggi. Sekali program ini maksimal 1 semester dan dapat mengambil lagi pada semester lainnya.
- Kegiatan wirausaha
Kebijakan Kampus Merdeka mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai. Program ini dapat disusun pada tingkat perguruan tinggi, dengan menyusun silabus kegiatan wirausaha yang dapat memenuhi 20 SKS/semester atau 40 SKS/tahun.
- Studi/proyek independen
Studi independen dijalankan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang sudah diambil oleh mahasiswa. Program studi TRM dapat menjadikan kegiatan studi independen untuk melengkapi topik yang tidak termasuk dalam jadwal perkuliahan, tetapi masih tersedia dalam silabus program studi. Salah satu tema kegiatan studi independen yang dijalankan pada prodi TRM ini adalah Pengembangan mesin CNC 5 axis yang sudah dimulai sejak tahun 2018. Meskipun teknologi CNC bukan merupakan teknologi baru, namun secara umum baik di tanah air maupun di lingkungan Polman sendiri penguasaan teknologi CNC masih berada pada level bawah. Dengan demikian pengembangan purwarupa mesin CNC merupakan ide yang cukup baik untuk pengembangan kompetensi dosen/plp dan kompetensi institusi. Dikarenakan tuntutan kegiatan yang harus integrasi terhadap kegiatan pendidikan, baik kurikulum maupun proses belajar-mengajar, maka penentuan mata kuliah, revisi konten beserta penyelenggaraan perkuliahannya merupakan hal yang cukup strategis untuk memenuhi tuntutan tersebut, dan hal ini sudah dilakukan dengan baik. Keterlibatan mahasiswa pada kegiatan ini merupakan simbiosis mutualisma. Peran mahasiswa sangat membantu bagi penyelesaian proyek karena mereka merupakan sumberdaya manusia yang dapat dihandalkan pada banyak kondisi. Bagi mahasiswa sendiri proyek ini merupakan sarana untuk belajar dan menimba ilmu dari kondisi dunia nyata (real world). Pelakasanaan studi proyek ini akan dilakukan pada beberapa mata kuliah yang mempunyai capaian kompetensi yang sejalan dengan aktivitas ini.
- Membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT)
KKNT merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Prodi TRM melaksanakan KKNT di sesmester 7 dan mempunyai pengakuan kredit yang setara 2 SKS. Pelaksanaan KKNT dilakukan untuk mendukung kerja sama bersama pemerintah desa atau Badan Usaha Milik Desa yang terdapat di Desa. Salah satu KKNT yang pernah dilakukan yaitu KKNT tahun 2021 dan 2022 di Desa Sagalaherang Kabupaten Subang Jawa Barat yang telah berhasil menyelesaikan masalah tentang penerangan jalan umum.
Profil lulusan
Profil Lulusan Prodi Rekayasa Manufaktur Sebagai Manajer Produksi:
- Mampu membangun sistem produk rakitan mekanik yang dilengkapi dengan control sederhana serta kompleksitas ratusan komponen
- Mampu membuat perencanaan proses produksi produk mekanik dengan kompleksitas ratusan komponen
- Mampu melakukan analisis proses produksi dan sumberdaya yang digunakan
- Mampu memberdayakan sumberdaya manusia untuk mencapai tingkat produktivitas terukur
Profil Lulusan Prodi Rekayasa Manufaktur Sebagai Perencana produksi / operasi:
- Mampu merancang proses produksi produk rakitan mekanik yang dilengkapi dengan control sederhana serta kompleksitas ratusan komponen
- Mampu membuat perencanaan proses produksi produk mekanik dengan kompleksitas ratusan komponen
- Mampu melakukan analisis proses produksi dan sumberdaya yang digunakan
- Mampu memberdayakan sumberdaya manusia untuk mencapai tingkat perencanaan produksi yang terukur
Profil Lulusan Prodi Rekayasa Manufaktur Sebagai Manajer Mutu:
- Mampu merancang system mutu produk rakitan mekanik yang dilengkapi control sederhana dengan kompleksitas ratusan komponen
- Mampu membuat dokumen mutu produk mekanik dengan kompleksitas ratusan komponen
- Mampu melakukan analisis mutu produksi dan sumberdaya yang digunakan
- Mampu memberdayakan sumberdaya manusia untuk mencapai tingkat produktivitas mutu yang terukur
Kurikulum
No. | Semester | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | Mata Kuliah Kompetensi | Bobot Kredit (sks) | |||||
Kuliah/ Responsi/ Tutorial | Seminar | Praktikum/ Praktik/ Praktik Lapangan | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||
1 | I | SM211 | Matematika 1 | 2 | ||||||
2 | I | SM201 | Fisika 1 | 2 | ||||||
3 | I | DE305 | Elemen Mesin 1 | v | 2 | |||||
4 | I | MT417 | Teknologi Manufaktur 1 | v | 2 | |||||
5 | I | MT338 | Proses Manufaktur 1 | v | 6 | |||||
6 | I | MT408 | CTS | 1 | ||||||
7 | I | DE312 | Gambar Teknik 1 | v | 2 | |||||
8 | I | SM102 | Olah Raga | 1 | ||||||
9 | II | SM213 | Matematika 2 | 2 | ||||||
10 | II | SM203 | Fisika 2 | 2 | ||||||
11 | II | SM229 | Kimia | 2 | ||||||
12 | II | MT419 | Teknologi Manufaktur 2 | v | 2 | |||||
13 | II | MT442 | Proses Manufaktur 2 | v | 6 | |||||
14 | II | MT412 | CADCAMCNC1 | v | 2 | |||||
15 | II | DE302 | Gambar Teknik 2 | v | 1 | |||||
16 | II | SM102 | Olah Raga | 1 | ||||||
17 | III | SM215 | Matematika 3 | 2 | ||||||
18 | III | DE311 | Mekanika Teknik | v | 2 | |||||
19 | III | MT501 | Proses Manufaktur 1 | v | 2 | |||||
20 | III | FE301 | Material Teknik | v | 2 | |||||
21 | III | MT520 | Material Teknik (P) | v | 1 | |||||
22 | III | MT514 | CAD CAM CNC 2 | v | 2 | |||||
23 | III | MT518 | Praktik General Mekanik | 3 | ||||||
24 | III | MT516 | Pabrikasi | 2 | ||||||
25 | III | DP406 | Gambar Teknik 3 | v | 1 | |||||
26 | III | GM446 | Praktik Kelistrikan Dasar | v | 1 | |||||
27 | IV | SM207 | Matematika Teknik | 4 | ||||||
28 | IV | DE135 | Kekuatan Bahan | v | 2 | |||||
29 | IV | ME183 | Manajemen Produksi | v | 2 | |||||
30 | IV | SM107 | Pancasila | 2 | ||||||
31 | IV | AO304 | Logika dan Pemrograman Komputer | 1 | ||||||
32 | IV | GM448 | Praktik Kelistrikan Lanjut | v | 1 | |||||
33 | IV | AE436 | Praktik Pneumatik dan Hidrolik | v | 2 | |||||
34 | IV | MT532 | Pembuatan Suku Cadang | 2 | ||||||
35 | IV | TM534 | Praktik CAD CAM CNC | v | 2 | |||||
36 | V | MT513 | Metrologi dan SQC | 2 | ||||||
37 | V | DE421 | Elemen Mesin 2 | v | 2 | |||||
38 | V | SM105 | Bahasa Inggris | 2 | ||||||
39 | V | MT515 | PPC | v | 2 | |||||
40 | V | ME301 | Proses Manufaktur 2 | v | 2 | |||||
41 | V | TM512 | Praktik PPC | v | 2 | |||||
42 | V | TM524 | Praktik PLC | v | 1 | |||||
43 | V | TM536 | Praktik PMD | 2 | ||||||
44 | V | TM526 | Praktik Pemesinan Khusus | v | 2 | |||||
45 | V | TM510 | Praktik SQC | 1 | ||||||
46 | VI | AM202 | PPI (Magang) | 18 | ||||||
47 | VII | TM527 | FMS | 2 | ||||||
48 | VII | MT517 | Kinematika | 2 | ||||||
49 | VII | SM103 | Bahasa Indonesia | 2 | ||||||
50 | VII | SM101 | Agama | 2 | ||||||
51 | VII | MM195 | Konstruksi Mesin | v | 2 | |||||
52 | VII | TM507 | Perancangan Sistem Manufaktur | v | 2 | |||||
53 | VII | DE408 | Praktek Kinematik | 1 | ||||||
54 | VII | TM550 | Praktek SQC | 1 | ||||||
55 | VII | TM548 | Praktek FMS | 1 | 1 | |||||
56 | VII | DM348 | Praktek Konstruksi Mesin | 1 | ||||||
57 | VII | MT524 | CAD CAM CNC 5-axis | v | 2 | |||||
58 | VIII | AO505 | Ekonomi Teknik dan Kewirausahaan | 2 | ||||||
59 | VIII | MT415 | CAE | v | 1 | |||||
60 | VIII | MT445 | Advance Manufakturing Process | v | 2 | |||||
61 | VIII | AO579 | Sistem Otomasi Manufaktur | v | 2 | |||||
62 | VIII | SM221 | Pengetahuan Lingkungan | 1 | ||||||
63 | VIII | GM533 | Tugas Akhir | v | 2 | 1 | ||||
64 | VIII | MT526 | Praktek CAE | v | 2 | |||||
65 | VIII | MT444 | Praktek Advance Manufacturing Process | v | 1 | |||||
66 | VIII | AO580 | Praktik Sistem Otomasi Manufaktur | 1 | ||||||
67 | VIII | GM534 | Tugas Akhir | v | 4 | |||||
Jumlah | 36 | 66 | 2 | 144 | ||||||
SKS Total | 66 Teori | 78 Praktik | ||||||||
Persentasi SKS | 46% Teori | 54% Praktik |
Jejaring mata kuliah
Jejaring Mata kuliah Teori Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur
Jejaring Mata kuliah Praktik Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur
Dosen Home Base Prodi TRM
NO | Nama | Kelompok Keahlian |
1 | M. Ali Suparman, Masch.Ing.HTL, MT. | Sistem Manufaktur |
2 | Otto Purnawarman, ST., MT. | Proses Manufaktur |
3 | Iwan Harianton, BSME. M.Eng. | Sistem Manufaktur |
4 | Dede Buchori Muslim, Masch.Ing.HTL., MT | Proses Manufaktur |
5 | Haris Setiawan, SST., MT. | Proses Manufaktur |
6 | Andri Pratama, SST., M.Sc. | Sistem Manufaktur |
7 | Yogi Muldani H., SST., M.T., Ph.D. | Sistem Manufaktur |